Ingin Menurunkan Berat Badan dan Menjadi Sehat ? Pelajari Keseimbangan Energi Terlebih Dahulu ~ Dee Nutrition

Monday, October 2, 2017

Ingin Menurunkan Berat Badan dan Menjadi Sehat ? Pelajari Keseimbangan Energi Terlebih Dahulu


Zaman sekarang sangat mudah untuk  bisa atau mengalami kegemukan. Konsumsi makanan tinggi energi yang sudah semakin mudah didapatkan, bermalas – malasan, tidak melakukan olahraga dan beraktivitas fisik secara cukup, konsumsi makanan yang tinggi kalori seperti makanan cepat saji, junkfood, minuman instan yang jika dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan terjadinya kegemukan pada seseorang. Terjadinya kegemukan dipengaruhi oleh keseimbangan energi dalam tubuh1,2.



Apa itu Keseimbangan Energi ?
Keseimbangan energi adalah keseimbangan yang terjadi antara energi yang masuk dengan energi yang keluar. Keseimbangan energi dapat terjadi ketika energi yang masuk yang berasal makanan dan minuman yang kita makan seimbang dengan energi yang keluar oleh tubuh (metabolism basal, dan aktivitas fisik). Ketika keseimbangan antara energi yang masuk dan yang keluar tengganggu maka akan mengakibatkan terjadinya keseimbangan energi positif atau keseimbangan energi negative. Keseimbangan energi positif terjadi ketika energi yang masuk lebih besar dibandingkan energi yang dikeluarkan, sedangkan sebaliknya keseimbangan energi negative terjadi ketika energi yang masuk lebih kecil dibandingkan energi yang dikeluarkan. Kedua keseimbangan energi ini akan menimbulkan efek yang berkebalikan. Seseorang yang mengalami peningkatan berat badan, normalnya akan mengalami keseimbangan energi positif dalam tubuhnya3.

Kenapa Kita Bisa Menjadi Gemuk ?
Ketika keseimbangan energi positif terjadi pada seseorang secara terus menerus, maka akan mengakibatkan kelebihan energi yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak yang berupa lemak tubuh di beberapa bagian tubuh. Semakin banyak energi yang tidak digunakan semakin banyak juga cadangan lemak dalam tubuh yang akan terbentuk. Proses kegemukan ini tentunya akan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya keseimbangan energi positif, yaitu 1) Konsumsi makanan tinggi energi secara berlebihan, 2) Kurangnya aktivitas fisik secara baik dan rutin dan atau 3) Tingginya aktivitas sedenter seperti menonton TV, bermain video games, computer, ber social media selama lebih dari 2 jam per hari. Beberapa hal diatas tentunya merupakan beberapa factor yang mengakibatkan terjadinya keseimbangan energi positif3.

Bagaimana Menurunkan Berat Badan ?
            Jika sudah memahami konsep keseimbangan energi dan mengetahui bagaimana kegemukan dapat terjadi melalui keseimbangan energi positif. Cara untuk menurunkan berat badan berkebalikan dengan keseimbangan energi positif, yakni menerapkan konsep keseimbangan energi negative. Keseimbangan energi negative dapat terjadi ketika energi yang keluar lebih besar dibandingkan energi yang masuk. Energi yang keluar dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga secara baik dan rutin. Rekomendasi olahraga yang disarankan untuk seseorang adalah 60 menit per hari atau 2.5 jam per minggu dengan jenis olahraga berintensitas ringan hingga sedang seperti jogging, berlari, berenang, dsb4. Tentunya ketika peningkatan aktivitas fisik dilakukan, orang yang ingin menurunkan berat badan juga harus menjaga pola makannya, dimana tidak boleh mengonsumsi asupan energi yang berlebih agar keseimbangan energi negative dapat terjadi dan cadangan lemak dalam tubuh akan digunakan untuk mengganti energi yang digunakan ketika berolahraga atau beraktivitas fisik3.

Bagaimana ? Sudah paham mengenai konsep keseimbangan energi ? Sudah siap untuk menurunkan berat badan anda?Jika ada pertanyaan mengenai keseimbangan energi, silahkan komentar di kolom yang telah disediakan. Jangan lupa subscribe email dan like fans page Dee Nutritions Blog. Terimakasih telah berkunjung


Daftar Pustaka :
1.      Okeyo  a. P. Eating practices, nutritional knowledge and body weight in nursing science students at the University of Fort Hare (MA Thesis). 2009;(September):1–101.
2.        Aljaaly EAM. Factors affecting nutritional status and eating behaviours of adolescent girls in saudi arabia. PQDT - UK & Ireland [Internet]. 2012;(August). Available from: http://login.ezproxy.library.ualberta.ca/loginurl=http://search.proquest.com/docview/1774234478?accountid=14474%5Cnhttp://resolver.library.ualberta.ca/resolver?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:dissertation&genre=dissertations+%26+thes
3.       Whitney E, Rolfes SR. Understanding Nutrition [Internet]. Cengage Learning; 2010. (Available Titles CourseMate Series). Available from: https://books.google.co.id/books?id=LhSLKVmauGoC
4.        Jenike LR. A Primary Care Intervention for Overweight and Obese Children and Adolescents. 2013;29.


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Blog Archive

Labels