Wisuda Undip ke 148 : Akhirnya Sebentar Lagi Wisuda ~ Dee Nutrition

Monday, November 6, 2017

Wisuda Undip ke 148 : Akhirnya Sebentar Lagi Wisuda


“Yeah, Akhirnya Saya Selesai dan Sebentar Lagi Akan Wisuda”


Tidak terasa 4 tahun sudah berlalu saya berkuliah dan menjadi seorang mahasiswa. Tiba – tiba tanpa disadari saya sudah ada di tahap akhir masa perkuliahan dan lulus dari universitas yang saya masuki. Lalu proses apakah itu ? Yap acara yang harus saya jalani sebelum saya dinyatakan lulus adalah Wisuda.

Menjadi Mahasiswa, Penelitian Dan Akhirnya Lulus




Jika anda belum tahu, saya merupakan salah seorang mahasiwa di salah satu universitas terkenal dan terfavorit di Indonesia, yaitu Universitas Diponegoro. Saya masuk Universitas Diponegoro (Undip)melalui jalur tulis/tes SBMTPN pada tahun 2013 yang membuat saya merupakan angkatan Undip tahun 2013. Saya di Undip mengambil jurusan S1 Ilmu Gizi, salah satu jurusan dari tiga jurusan (sekarang ada 5) di bawah naungan Fakultas Kedokteran Undip. Tentu saja saya sangat bangga dan merupakan salah satu prestasi tersendiri untuk saya karena bisa masuk Undip melalui jalur tulis, karena jalur tulis atau jalur tes itu sulit apalagi jika kita memilih Universitas – Universitas Favorit di Indonesia. Saya bangga dengan diri saya juga karena tidak banyak orang yang bisa melakukannya, apalagi di daerah saya hanya sedikit orang yang bisa kuliah di luar daerah asal.

Saya masuk kuliah dan resmi menjadi mahasiswa yaitu pada September 2013, dan sekarang adalah 2017. Tahun 2017 adalah tahun saya lulus (tepatnya pada Agustus 2017) dan tahun ini adalah tepat 4 tahun kuliah dan bisa selesai dengan masa kuliah yang pas. Satu tahun terakhir saya melakukan penelitian Karya Tulis Ilmiah untuk Tugas Akhir saya untuk bisa lulus dari Universitas. Berbagai macam sidang sudah saya lalui dan akhirnya saya bisa melewatinya dan sebentar lagi saya akan diwisuda. Tentunya terdapat berbagai macam cobaan dan khalangan selama saya berkuliah dan melakukan penelitian, namun saya coba sekuat dan sekeras mungkin menanganinya hingga saya dapat selesai di tahun 2017 ini.

Saya masuk bulan September 2013, dan saya lulus pada bulan Agustus 2017. Jika dihitung, saya lulus dengan kurun waktu 3 tahun 11 bulan, bukan 4 tahun. Tetapi kalau digenapkan akan jadi sama dan empat tahun juga bukan ? (Jadi tidak masalah, haha). Sebenarnya saya takut waktu dulu saya tidak bisa lulus dalam kurun waktu 4 tahun, namun saya tetap berjuang dan akhirnya goal saya terpenuhi.

Saya sebenarnya sudah lulus sejak 11 Agustus 2017 karena saya selesai sidang akhir dan urus berkas pendaftaran wisuda sejak tanggal tersebut jadi nanti yang tertulis di ijazah saya adalah tanggal tersebut bukan tanggal wisuda. Walaupun begitu, untuk dinyatakan secara resmi lulus dan kita mendapatkan ijazahnya adalah waktu kita wisuda. Saya merupakan calon wisudawan di Wisuda Undip ke 148 dan tentunya saya sangat menunggu – nunggu hari wisuda saya ini

Wisuda Undip ke 148 yang Mengalami Kemunduran 



Sebelum saya secara resmi dinyatakan lulus dari Undip, tentunya saya harus di wisuda terlebih dahulu. Akhirnya sebentar lagi saya akan wisuda. Ketika artikel ini dibuat, wisuda saya tinggal 3 hari lagi dan jika saya tidak salah memperkirakan ketika artikel ini diterbitkan wisuda saya akan berlangsung sehari setelahnya. Saya menjadi tidak sabar untuk segera memakai toga dan di wisuda.

Sebenarnya Wisuda Undip ke 148 di jadwalkan pada bulan Oktober tepatnya pada minggu ke empat di bulan oktober (kalau tidak salah antara tgl 24 – 27 Oktober), namun entah karena alasan yang tidak jelas acara wisuda ke 148 Undip diundur. Hmm, sebenarnya mengambang antara jelas dan tidak jelas, saya mendapatkan beberapa informasi kenapa wisuda ke 148 di undur hingga dua minggu dan diganti pada tanggal 7 – 10 November 2017. Ada yang mengatakan bahwa terjadi kesimpangsiuran gedung yang akan digunakan wisuda, ada yang mengatakan karena ada acara – acara besar di bulan Oktober sehingga Oktober terlalu padat dan acara wisuda terkena imbasnya lalu di undur. Saya tentunya tidak senang akan hal tersebut, dan ditambah dengan tidak ada informasi resmi yang sangat jelas (bahkan sampai sekarang) mengapa wisuda di undur tentunya semakin membuat saya cukup kesal.



Alasan kedua adalah tempat Wisuda Undip ke 148 di pindah yang semula berada di Venue Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) di pindah ke GSG Imam Barjo Kampus Lama Undip di Pleburan, Kota Semarang. Bahkan sampai sekarang pun saya tidak mendapatkan alasan yang jelas atau alasan yang sangat jelas yang resmi dikeluarkan oleh pihak kampus. Jika anda belum tahu, GSG Imam Barjo adalah GSG yang terletak di kampus lama Pleburan yang tentunya sudah lama dan ukurannya (menurut saya) sempit untuk dijadikan tempat wisuda. Bayangkan saja untuk satu kali wisuda terdapat sekitar kurang lebih 400an mahasiswa Undip yang diwisuda (terdapat 2 kali wisuda dalam satu hari) lalu ditambah dengan tamu undangan sekitar kurang lebih 800an orang dan coba tebak seberapa penuhnya GSG Imam Barjo.

“Ada Sedikit Kekecewaan, namun semoga acara Wisuda Undip ke 148 tetap Lancar dan Nyaman”


Saya tentunya cukup kecewa dengan dipindahnya tempat wisuda. Kecewanya karena sudah tanggalnya diundur, tempatnya di ganti, dan tempat penggantinya itu (menurut) saya kurang layak dan cukup besar untuk dijadikan tempat wisuda, namun mau bagaimana lagi? Saya sebagai mahasiswa tentunya tidak punya kekuatan untuk mengubahnya dan hanya bisa membiarkan saja dan curhat di blog ini. Saya berharap dari pihak kampus sudah memikirkan matang – matang dan memiliki cara untuk menangani masalah – masalah diatas sehingga ruangan GSG nya cukup dan peserta dan tamu undangan merasa nyaman berada di dalam GSG Imam Barjo. Semoga.

Oh ia kekecewaan saya juga ditambah dengan suatu berita yang dulu mengatakan bahwa Wisuda ke 148 Undip juga tetap akan dilangsungkan di MAJT. Silahkan anda cek beritanya sendiri di Internet. Alasan kenapa wisuda 147 dan (harusnya 148 juga) di pindah ke MAJT karena gedung utama yang biasanya dijadikan tempat wisuda di kampus utama Undip Tembalang sedang di renovasi. Berita tersebut mengatakan bahwa sampai renovasinya selesai, wisuda ke 148 juga tetap dilaksanakan di MAJT tetapi ternyata… ah sudahlah, yang penting sebentar lagi saya akan wisuda dan segera selesai dengan semua ini.

Apa yang Saya Ingin Lakukan Setelah Lulus



Setelah saya wisuda dan dinyatakan secara resmi lulus dari Undip, saya berencana untuk melanjutkan kuliah (lagi) Magister atau S2 di bidang yang saya pilih dan inginkan. Kenapa saya memilih untuk melanjutkan kuliah ? Karena cita – cita saya sejak saya kecil dulu adalah menjadi seorang guru atau penelitia, namun karena saya tidak mengambil jurusan keguruan, tentunya saya ingin menjadi “guru” di perkuliahan yang dinamakan dengan Dosen. Jadi saya sekarang tetap ingin menggapai mimpi saya menjadi guru/dosen sekaligus peneliti di Universitas nanti.  Apakah saya tidak lelah Kuliah terus ? Hmm, pertanyaan yang menarik. Jika dikatakan lelah, mana mungkin saya bohong katakan tidak, tentu saja kuliah itu melelahkan, namun jika semua itu untuk menggapai cita – cita saya, kenapa tidak ? Saya masih muda, dan saya harus menggapai mimpi yang saya impi – impikan sejak dulu. Saya ingin sukses dan menjadi orang hebat dengan menggapai mimpi yang saya inginkan. Saya ingin membahagiakan ibu saya dan keluarga saya dengan menjadi sukses dari apa yang saya impikan. Semua itu harus saya lakukan walaupun banyak cobaan dan rintangan yang membuat perjalanan ini semakin berat, mungkin malahan justru membuat kita bisa menjadi lebih kuat lagi dalam menjalani kehidupan kita dan menjadi sukses dengan mengejar mimpi kita.



Jadi begitulah, sebentar lagi saya akan diwisuda, tinggal beberapa hari lagi sebelum hari wisuda yang saya tunggu – tunggu datang dan saya dinyatakan lulus dari Undip lalu menjadi seorang Sarjana Gizi. Semoga acara wisuda nanti nyaman dan lancar dan semuanya baik – baik saja. Setelah saya wisuda nanti saya akan melanjutkan kuliah untuk menggapai mimpi saya dan menjadi orang sukses dengan mimpi saya sendiri. Saya harus tetap semangat dan berjuang keras untuk dapat menggapainya. Semoga saya Berhasil.

Terimakasih anda telah mengunjungi blog saya dan membaca artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan, atau anda ingin memberikan komentar, kritik atau saran, silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang ada dibawah. Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page Dee Nutrition’s Blog untuk mendapatkan informasi terbaru dair blog ini. Sekian dan Terimakasih.

Author of Dee Nutrition’s Blog

Destio D. Fahrizki


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Labels