5 (Lima) Tips Strategi Agar Bisa Rajin Belajar ~ Dee Nutrition

Monday, November 20, 2017

5 (Lima) Tips Strategi Agar Bisa Rajin Belajar


Belajar itu Susah

Anda suka belajar ? Berapa lama anda belajar ? Apakah anda menyukai belajar semua pelajaran ? atau hanya beberapa mata pelajaran yang kalian suka ? Masing – masing orang akan menjawab pertanyaan – pertanyaan diatas dengan berbeda – beda, namun ada satu hal yang mungkin memiliki anggapan sama, belajar itu tidak pernah mudah. Jika Belajar itu mudah, maka semua orang suka belajar dan akan mampu menguasai banyak sekali ilmu dan pengetahuan dari proses pembelajaran tersebut.

Secara umum, belajar dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencari informasi atau mempelajari sebuah pengetahaun, sebuah proses untuk mendapatkan pengetahuan dari tidak tahu menjadi tahu. Belajar sangatlah penting bagi kita karena untuk bisa mendapatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman, maka belajar adalah sebuah keharusan untuk semua orang.

Walaupun belajar itu penting, nyatanya tidak semua orang menyukai belajar. Bagaimana dengan saya ? saya suka belajar namun hanya beberapa mata pelajaran spesifik seperti Matematika dan Ipa, Teknologi Informasi serta Bahasa Inggris yang membuat saya suka belajar mata pelajaran tersebut. Sisanya ? terkadang saya belajar terkadang saya tidak belajar karena malas.

Kenapa orang tidak suka belajar ? ya mungkin sudah lelah dan mual mungkin karena setiap hari sudah belajar di sekolah, dan ketika harus belajar lagi ketika di rumah, tentunya akan banyak godaan dan rintangan yang membuat kita tidak mau belajar. Padahal belajar di sekolah dan belajar di rumah adalah satu hal yang berbeda.

Saya sendiri jika saya tidak memotivasi diri saya sendiri untuk belajar, mungkin saya juga akan malas untuk belajar, lebih baik melakukan sesuatu yang menyenangkan dibandingkan belajar ber jam – jam, terkadang pikiran – pikiran diatas tadi selalu merayu saya untuk membuat saya menjadi malas untuk belajar namun satu hal yang selalu saya pegang teguh adalah bahwa faktanya belajar itu membawa dampak baik bagi kita dibanding dampak buruknya. Belajar rutin dan baik mampu membuat kita lebih pintar, dan pada akhirnya memiliki dampak yang baik bagi kita untuk menggapai impian kita dan menjadi sukses. Semua orang termasuk saya ataupun kalian pasti ingin menjadi sukses bukan ? maka jika kalian bukan orang jenius dengan IQ lebih dari 150 jangan berharap untuk dapat menggapai kesuksesan tanpa belajar dan kerja keras. Meraih mimpi dan menjadi sukses haruslah melalui belajar yang rajin dan kerja keras, Itulah kesenangan jangka panjang yang kita dapatkan jika kita rajin belajar dan bersungguh – sungguh.

Kita malas belajar untuk melakukan berbagai kegiatan yang hanya memberikan kesenangan sesaat bagi kita, dan tanpa kita sadari ketika kita malas untuk belajar maka kesenangan jangka panjang yang kalian akan semakin jauh untuk bisa didapatkan. Jika kita malas belajar, maka akan membuat kita untuk susah meraih impian kita yang sudah kita impikan sejak dahulu. Jika kita malas untuk belajar maka pada akhirnya semuanya akan sia – sia saja dan anda akan menyesali semua kemalasan dan kebodohan anda memilih untuk tidak belajar rajin dari dulu, penyesalan yang akan menempel pada diri kita seumur hidup kita.

Jadi ayolah, belajar mungkin tidaklah mudah namun pada akhirnya jika anda rajin belajar dan bersungguh – sungguh, maka di masa depan nanti kalian akan mendapatkan atau menggapai impian yang kalian cita – citakan sejak dulu. Carilah cara belajar anda sendiri, buatlah lingkungan belajar yang membuat anda nyaman, manfaatkan segala fasilitas untuk menunjang proses belajar anda lebih optimal dan lebih baik. Cari tahu anda merupakan Night Owl atau Early Bird, apa itu Night Owl dan Early Bird ?

Kamu Tipe Manusia Night Owl atau Early Bird ?



Apa itu Night Owl dan Early Bird? Sebutan – sebutan tersebut merupakan sebutan untuk seseorang untuk membedakan seseorang dari jam aktifnya untuk mengerjakan atau melaksanakan suatu kegiatan secara optimal, yaitu ada Early Bird yang melaksanakan kegiatan lebih optimal dan baik ketika waktu pagi dan siang hari, dan Night Owl yang melaksanakan kegiatannya pada waktu menjelang malam dan tengah malam. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

Ada satu fakta menarik antara keduanya, yaitu jumlah orang – orang yang termasuk atau menganut Early Bird lebih banyak dibandingkan Night Owl. Hanya terdapat sedikit atau tidak begitu banyak Night Owl

Saya sendiri memiliki waktu belajar sendiri, karena saya termasuk jenis manusia “Night Owl” yaitu lebih suka melakukan kegiatan, menyelesaikan pr/tugas serta belajar waktu malam hari. Berbeda dengan “Early Bird” yang melakukan semuanya di pagi dan siang hari, “Night Owl” cenderung melakukan belajar dan mengerjakan tugas ketika malam tiba hingga tengah malam.

Ada kelemahan dari seorang manusia “Night Owl” yaitu ketika waktu sekolah atau waktu kuliah tiba, maka sepanjang hari “Night Owl” akan merasa ngantuk dan tidak akan bisa fokus terhadap pelajaran. Kelemahan Night Owl dapat ditutupi dengan banyak hal, saya sendiri karena saya tahu bahwa ketika kuliah saya akan mengantuk saya akan merekam setiap materi kuliah – kuliah penting agar saya bisa mereview ulang pelajaran yang saya ngantuk ketika pagi hari tadi. Selain cara merekam materi kuliah, untuk membuat saya tetap sadar ketika saya kuliah, tak ayal saya sering mengonsumsi minuman kafein seperti the atau kopi, atau saya izin pergi ke toilet untuk mencuci wajah agar segar dan mengantuknya hilang. Cara – cara tadi terkadang ampuh untuk saya dapat fokus dan tidak mengantuk ketika kuliah, namu walau begitu masih kadang – kadang juga saya tetap merasakan kantuk dan alhasil saya akan tertidur beberapa saat dan tidak bisa mengikuti perkuliahan seperti biasanya.

Strategi Belajar yang Harus Diterapkan


Dibawah ini merupakan beberapa cara yang saya pribadi lakukan ketika saya belajar, inti dari hal – hal yang saya lakukan dibawah ini adalah bertujuan untuk membuat proses belajar saya lebih baik, menarik, mampu menangkap informasi/pengatahuan lebih cepat dan lebih banyak serta untuk menangkal berbagai godaan – godaan yang membuat kita malas untuk belajar. Sebenarnya saya membaca banyak sekali tips – tips strategi belajar untuk bisa belajar lebih baik dan lebih optimal tanpa adanya gangguan yang berarti, namun beberapa hal dibawah ini adalah hal – hal yang selalu saya lakukan dalam strategi belajar saya.

1. Tentukan Anda itu Night Owl atau Early Bird


Anda termasuk yang mana ? seperti yang sudah dijelaskan diatas, orang – orang Early Bird dan Night Owl itu berbeda dalam melaksanakan kegiatan, termasuk dalam belajar. Orang early bird cenderung lebih suka melakukan belajar di pagi dan siang hari sedangkan night owl cenderung melakukannya menjelang malam sampai tengah malam. Hal ini penting karena untuk mengatur jam belajar kalian akan tergantung tipe apa kalian. Saya sendiri adalah seorang Night Owl, atau memilik kecenderungan sebagai Night Owl, saya lebih suka melakukan kegiatan dimana tidak banyak orang berlalu Lalang dan mengganggu saya, lalu keadaan yang tenang dan tidak rebut serta tidak terlalu banyak suara - suara yang membuat saya jadi tidak fokus belajar.

2. Matikan Semua Gangguan atau Distraksi Ketika anda Belajar



Matikan semua gangguan yang membuat anda malas untuk belajar, matikan paket data smartphone anda atau jika anda benar – benar tidak ingin diganggu matikan smartphone anda ketika anda belajar. Jika anda kerja atau belajar menggunakan Laptop, yakinkan diri anda untuk tidak melakukan kegiatan lain ketika belajar. Belajar menggunakan laptop itu seperti pisau bermata dua, jika anda tidak bisa menghalau godaan – godaan kegiatan sedenter seperti bermain games, menonton tv, video atau film di laptop maka proses belajar anda akan terganggu dan malah anda lebih memilih melakukan kegiatan – kegiatan bermalas – malasan tersebut dibanding belajar. Saran lain yang bisa dilakukan adalah jika anda ingin belajar menggunakan laptop atau pc, jangan gunakan laptop pribadi anda yang berisi games, tv, video atau film sehingga tidak akan ada godaan – godaan untuk melakukannya, gunakanlah atau pinjamlah laptop orang tua anda atau gunakan pc keluarga jika anda punya.

3.  Jauhi Kegiatan Belajar Anda dari Kasur Anda


Ini adalah salah satu cara untuk membuat kita tidak malas – malasan atau malah membuat kita ketiduran ketika kita sedang belajar. Ketika kita belajar di Kasur, tentu malah akan membuat kita nyaman dan malas belajar lalu akhirnya kita lebih memilih untuk tidur – tiduran kemudian jadi ketiduran sampai besok pagi, alhasil kegiatan belajar kita terganggu. Ketiduran ketika belajar di Kasur akan lebih berbahaya jika ada tugas yang harus diselesaikan dan dikumpul besok harinya namun karena ketiduran akhirnya tidak selesai atau selesai tetapi tugasnya sangat jelek dan tidak maksimal. Belajarlah di meja belajar, atau jika anda memiliki ruang belajar sendiri, pergilah belajar di ruang belajar anda dan jauhi Kasur. Jika anda merupakan mahasiswa kos, carilah kost – kostan yang memiliki meja belajar jika tidak ada belilah meja belajar mini dan belajarlah dilantai beralaskan karpet, jangan belajar di Kasur karena ujung – ujungnya akan membuat anda malas, tidur – tiduran dan akhirnya ketiduran

      4. Buatlah Jadwal Rutin untuk Belajar lalu Disiplinlah




Rutinitas adalah suatu hal yang pasti jika kita ingin rajin belajar. Rencanakan jadwal belajar anda dengan matang. Jam berapa anda belajar ? berapa lama anda belajar dalam sehari ? apa – apa saja yang akan dipelajari atau tugas yang harus diselesaikan ketika proses belajar hari ini ? semua hal – hal tadi harus dibuat dan ditanamkan pada diri kita. Jadwal atau kegiatan belajar juga tergantung dari tipe manusia seperti apa anda ? (Baca Poin pertama), apakah anda termasuk Night Owl ? atau Early Bird ? Hal ini akan mempengaruhi jadwal belajar anda. Setelah kita selesai membuat jadwal belajar kita, maka disiplin dan konsistenlah dengan jadwal yang telah anda buat. Disiplin dan konsistensi adalah sesuatu yang penting untuk membuat kita bisa belajar dengan baik. Disiplin dan konsisten dengan jadwal belajar kita akan membuat proses belajar menjadi sebuah rutinitas sehari – hari anda dan anda akan dengan mudah untuk belajar.

5. Cobalah Cara Belajar dengan Pomodoro Technique


Ini adalah Teknik yang saya gunakan agar saya tetap bisa belajar tanpa membuat saya bosan, Pomodoro Technique merupakan cara belajar dimana terdapat adanya jeda istirahat selama beberapa menit untuk sedikit melakukan kegiatan refreshing atau bersenang – senang ketika kita belajar. Teknik ini menjelaskan bahwa melakukan proses belajar secara terus menerus tanpa adanya stop atau refreshing malah akan membuat kita stress dan informasi yang kita dapatkan menjadi kurang optimal.
Pribadi saya sendiri juga merasakannya efek dari Teknik Pomodoro. Dahulu ketika saya belum melakukan Teknik ini ketika belajar, saya belajar berjam – jam tanpa istirahat sebentar dan akhirnya membuat banyak lebih tertekan dan tidak senang dengan belajar, lalu kadang membuat saya jadi malas untuk belajar.

Dasar dari Teknik Pomodoro ini sederhana membagi – bagi kegiatan belajar anda menjadi beberapa bagian dan tiap bagian terdapat adanya break selama 5 – 10 menit sebelum kembali belajar. Misalnya anda dalam sekali belajar itu ada 3 jam setiap hari, daripada anda langsung belajar non-stop 3 jam dengan Teknik Pomodoro ini harus dibagi bagi. Jadi 3 jam tersebut dibagi menjadi belajar selamat 30 – 45 menit per sesi lalu sebelum sesi selanjutnya dimulai anda bisa melaksanakan break atau istirahat selam 5 – 10 menit lalu kemudian dilanjutkan untuk belajar lagi. Ketika anda istirahat, anda dapat melakukan banyak hal, bermain games, menonton video pendek, membuka media social, baca komik, atau bahkan tidur selama 10 menit. Setelah istirahat selesai, anda harus pergi belajar lagi, kegiatan ini dilakukan secara berulang ulang sampai waktu belajar anda habis.

Saya sendiri merasakan perbedaan sebelum dan sesudah saya menggunakan Teknik belajar Pomodoro seperti saya belajar dengan tidak begitu stress dan tertekan, saya masih dapat bersenang – senang ketika belajar, dan informasi atau pengetahuan yang saya dapatkan juga lebih banyak, pelajaran – pelajaran yang saya pelajari jadi lebih masuk ke dalam otak saya dibandingkan ketika saya tidak menggunakan Teknik ini. Jadi tunggu apalagi ? buktikan sendiri Teknik Pomodoro ini jika anda tidak percaya dengan saya ? percayalah, Teknik ini akan banyak menguntungkan anda dan membuat proses belajar lebih ‘menarik dan menyenangkan’ dan membuat anda tidak tertekan atau stress karena belajar terus tanpa henti – hentinya. Satu hal lain yang harus dilakukan adalah disiplin dan konsistensi, jika waktu istirahatnya sudah berakhir maka langsunglah pergi untuk belajar lagi, jangan malah tetap asyik – asyikan dan terlalu lama bersitirahat. Kunci dari Pomodoro ini adalah disiplin dan jangan terlena terlalu lama ketika anda istirahat, saran saya adalah jangan terlalu sebentar atau terlalu lama beristirahat, saya terkadang memberikan waktu istirahat selama 10 – 15 menit sebelum saya belajar lagi. Waktu istirahat yang terlalu lama dapat membaut anda jadi malas – malasan dan akhirnya malah tidak jadi belajar.

Bagaimana ? apakah anda tetap tidak ingin belajar ? atau kalian lebih termotivasi untuk belajar ? Mari belajar dan terus belajar karena dengan belajar bersungguh – sungguhlah kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan.  Jangan pernah menyerah untuk belajar, karena pada akhirnya seseorang membutuhkan belajar untuk bisa sukses dan menggapai impiannya. Belajar adalah sebuah proses yang sulit, namun jika kita bisa melakukannya maka impian kita sudah pasti akan kita gapai di masa depan nanti. Belajarlah, bekerja keras dan bersungguh – sungguh untuk menggapai impianmu.

Jangan lupa subscribe dan like fans page Dee Nutrition’s Blog untuk mendapatkan informasi – informasi terbaru dari blog ini. Jika ada yang ingin ditanyakan atau anda ingin menyampaikan sesuatu silahkan kirimkan dengan menulisnya di box komentar yang ada di bawah.


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Labels