Menurunkan Berat Badan dan Menjadi Kurus dengan Olah Raga ~ Dee Nutrition

Sunday, November 5, 2017

Menurunkan Berat Badan dan Menjadi Kurus dengan Olah Raga



Olahraga ? Hmm, satu kata yang selalu ada di pikiran saya (dan mungkin anda juga) adalah bahwa saya tidak suka berolahraga. Olahraga yang ada dipikiran saya (sampai saat ini) yaitu sebuah kegiatan yang membuat saya kelelahan dan kesakitan setelah saya melakukannya. Saya tidak suka olahraga sejak dahulu karena olahraga bukanlah hal yang menyenangkan bagi saya.

Belajar Tentang Konsep Keseimbangan Energi

Ketika saya masuk ke jurusan ilmu gizi, salah satu yang saya dapatkan adalah sebuah konsep keseimbangan energi. Konsep keseimbangan energi ini sangatlah penting bagi kita, karena jika kita ingin menjaga dan mengatur berat badan kita, maka konsep keseimbangan energi perlu kita ketahui. Secara singkat, keseimbangan energi merupakan sebuah keseimbangan dimana energi yang masuk yang berasal dari asupan makanan sama dengan energi yang keluar (biasanya akan meningkat jika aktivitas fisik juga meningkat). Jika terjadi ketidakseimbangan antara energi yang masuk dengan yang keluar, maka akan terjadi suatu keseimbangan negative atau positif dan akan mempengaruhi berat badan kita.

Keseimbangan energi negative terjadi ketika energi yang keluar lebih besar daripada energi yang masuk, sedangkan keseimbangan energi positif adalah ketidakseimbangan energi yang terjadi ketika energi yang masuk jumlahnya lebih besar daripada energi yang dikeluarkan. Berdasarkan penjelasan tersebutm lalu apa hubungannya dengan perubahan berat badan seseorang ? Sederhananya, ketika terjadi keseimbangan energi positif maka energi yang berlebihan akan disimpan menjadi cadangan energi dalam bentuk simpanan lemak tubuh. Jika keseimbangan energi positif terus jadi maka akan meningkatkan berat badan kita dan berisiko terkena kegemukan.



Sebaliknya dengan keseimbangan energi positif, keseimbangan energi negative berarti energi yang keluar lebih besar daripada energi yang masuk, hal ini akan mengakibatkan tubuh untuk menggunakan cadangan energi yang berupa timbunan lemak sehingga ketika keseimbangan energi negative terus terjadi maka timbunan lemak akan digunakan sebagai sumber energi untuk menopang energi yang keluar dan membakar lemak tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan seseorang.

Pentingnya Olahraga untuk Tingkatkan Aktivitas Fisik & Tubuh Kita



Olahraga merupakan suatu kegiatan yang mampu meningkatkan aktivitas fisik kita, dengan aktivitas fisik yang tinggi maka kita dapat menjaga berat badan kita. Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu komponen dalam program penurunan dan pengaturan berat badan. Olahraga tidak dapat dipisahkan jika kita ingin menurunkan berat badan, menjaga berat badan dan menjadi lebih sehat.
Terdapat banyak sekali manfaat olahraga, beberapa diantaranya adalah :
  • Melancarkan dan menjaga tekanan darah sehingga terhindar dari masalah hipertensi
  • Membakar lemak tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan dari kegemukan
  • Meningkatkan HDL atau yang lebih dikenal dengan Lemak baik
  • Menurunkan stress baik pada tubuh maupun pikiran kita

Beberapa manfaat olahraga diatas merupakan beberapa hal yang memang saya rasakan sendiri ketika saya berolahraga, terutama poin nomor 1 dan 2. Ketika saya berolahraga, lemak di perut saya menjadi berkurang secara konsisten dan lingkar perut saya semakin mengecil. Mungkin jika saya berolahraga secara lebih rutin dan teratur, mungkin saya bisa memiliki tubuh yang atletis macam atlet, walaupun semuanya hanya mimpi dan khayalan belaka (Haha), kita boleh bermimpi dan berkhayal bukan ?

Banyak manfaat jika kita bisa berolahraga rutin dan baik setiap harinya. Rekomendasi olahraga untuk seseorang yaitu minimal sekitar 60 menit setiap hari dengan intensitas olahraga dari ringan hingga sedang atau 2.5 jam setiap minggunya. Cukup sedikit bukan ? namun jika anda mencoba menerapkannya dalam kehidupan anda ditambah jika anda tidak pernah dan tidak suka olahraga, 60 menit adalah waktu yang sangat lama.


Ketika dulu terdapat pelajaran anatomi dan gizi olahraga, saya berekseperimen pada diri saya. Kalau kita berolahraga secara rutin dan baik mengikuti anjuran minimalnya, maka hidup kita bisa jadi lebih sehat dan saya akan memiliki badan yang atletik dan saya pun berusaha melakukannya. Hasilnya ? tentu saja saya menyerah di bulan ke 3 saya karena saya terkena sakit yang cukup lama, sangat tidak enak jika anda mudah sekali terkena penyakit dan sembuhnya lama. Saya berhenti ketika saya sakit dan tidak melanjutkannya lagi karena saya akan kembali menjadi manusia yang malas untuk berolahraga lagi dan tidak ingin merasakan keram atau sakit otot lagi karena olahraga selama beberapa minggu karena sudah tidak olahraga lagi. Hal inilah yang membuat saya tidak berolahraga lagi.

Saya & Olahraga



Sejak dahulu saya tidak berolahraga karena saya memiliki suatu penyakit yang membuat badan saya rentan, lemah dan akhirnya tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan yang menguras tenaga atau membuat saya kelelahan. Karena jika saya melakukan hal tersebut, maka akan terjadi suatu masalah bagi saya bahkan dapat mengancam nyawa saya. Sejak dahulu hingga sekarang saya tetap tidak dapat olahraga secara rutin karena memang saya sejak dahulu tidak suka (tidak bisa) berolahraga dan akhirnya terbawa hingga sekarang.

Karena saya memiliki masalah ingatan banyak hal yang tidak saya ingat ketika kecil, namun satu yang pasti adalah ketidaksukaan saya terhadap olahraga itu pasti. Saya sangat malas untuk berolahraga sampai sekarang. Kejadian lain kenapa saya tidak suka olahraga juga karena saya tidak bisa olahraga. Karena sejak kecil saya tidak diperbolehkan terlalu kelelahan karena akan berakibat buruk pada kondisi saya, makanya sejak kecil kegiatan olahraga saya dibatasi. Semua orang baik keluarga, guru ataupun teman saya tahu tentang penyakit saya waktu itu karenanya jika saya tidak bisa dan tidak mau olahraga adalah hal yang wajar. Ketika penyakit tersebut dioperasi dan saya sembuh, ketidaksukaan saya terhadap olahragapun tetap terbawa sampai sekarang, namun bedanya sekarang adalah saya tahu tentang sedikit fakta dan manfaat olahraga bagi tubuh saya. Oleh karena itu, saya mau tidak mau harus berolahraga (walaupun sedikit dan sebentar).

Dewasa ini, olahraga ringan yang saya lakukan hanyalah berjalan ke rumah makan dari kost – kostan saya yang agak jauh jadi bisa sedikit beraktivitas, saya juga melakukan push up dan sit up 50 kali per hari agar tubuh saya tetap merasakan sedikit olahraga walaupun tidak banyak. Saya percaya bahwa olahraga memang membakar lemak pada tubuh kita, karena saya pernah melakukan olahraga selama 3 bulan (walaupun setelah itu saya berhenti karena sakit dan akhirnya saya tidak berolahraga lagi). saya merasakan bahwa olahraga membakar lemak tubuh saya apalagi pada bagian lemak perut, saat saya olahraga dulu, awalnya lingkar perut saya sekitar 73 cm, lalu setelah saya berolahraga selama 3 bulan lingka perut saya bisa mencapai 65 cm. setelah itu saya percaya bahwa memang olahraga akan membakar lemak tubuh kita.

Tidak Perlu Khawatir Walaupun Saya Tidak Berolahraga



Berdasarkan konsep keseimbangan energi yang dijelaskan secara singkat diatas, maka dalam pelaksanaan program pengaturan berat badan, terdapat dua (2) hal/komponen penting yang kita harus lakukan yaitu pengaturan pola makan dan aktivitas fisik secara rutin agar terjadi keseimbangan energi antara energi yang masuk dan yang keluar. Karena saya tidak suka olahraga, berarti energi yang keluar juga sedikit, maka untuk membuat keseimbangan energi normal harus membatasi pola makan. Pembatasan pola makan adalah hal yang saya lakukan sejak dahulu tanpa saya sadari.



Saya bersyukur bahwa saya tidak gemuk dan memiliki tinggi badan yang cukup tinggi dibandingkan rata – rata orang – orang seusia saya di Indonesia. Saya juga bersyukur bahwa saya tidak memiliki pola makan yang aneh – aneh, salah atau berlebihan jadi saya dapat terhindar dari kegemukan walaupun saya tidak berolahraga sejak dahulu. Saya tidak menyukai makanan cepat saji, sebagai anak desa yang tidak mengenal kehidupan perkotaan dan segala macam restoran – restoran cepat saji atau junk food. Tetapi walaupun begitu saya terkadang masih suka makanan instan seperti terutama mi instan yang jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat tidak baik bagi tubuh.

Saya Mulai Ingin Berolahraga Lagi





Saya saat ini mengalami dilemma karena banyak hal yang ingin saya lakukan, salahsatunya adalah kembali lagi aktif berakvitas fisik dan rutin berolahraga setiap hari. Saya sangat ingin berolahraga karena olahraga memilki banyak manfaat bagi tubuh seseorang, dan olahraga adalah sebuah keharusan jika ingin hidup sehat, namun entah kenapa sampai saat ini masih susah untuk berolahraga.
Bagaimana dengan Anda ? Olahragalah sebelum terlambat, karena olahraga adalah syarat yang memang harus dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. olahraga dan aktivitas fisik secara rutin dan baik setiap harinya juga diperlukan jika kita ingin hidup lebih sehat. Ayo segera olahraga, saya juga sedang berusaha untuk berolahraga secara rutin setiap hari


Jika ada yang ingin ditanyakan, atau ingin memberikan kritik, komentar ataupun saran, anda dapat mengirimkannya dengan cara menuliskan hal tersebut di kolom komentar yang ada di bawah. Jangan lupa subcribe dan like fans page Dee Nutrition’s Blog.
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Labels