Belajar Bahasa Inggris Itu Susah, Susah, Gampang ~ Dee Nutrition

Wednesday, November 15, 2017

Belajar Bahasa Inggris Itu Susah, Susah, Gampang



Apa yang ada dalam benak and ajika mendengar kata Bahasa inggris? Apakah anda menyukai Bahasa inggris ? jika ia berarti anda sama seperti saya. Sejak kecil saya sangat menyukai Bahasa inggris karena menurut saya dulu orang – orang yang bisa berbahasa inggris itu sangat keren (bahkan sampai sekarang saya masih menganggap hal tersebut keren). Ketika seseorang bisa berbahasa inggris (atau Bahasa internasional lainnya) pasti akan ada sebuah kebanggaan tersendiri dalam dirinya.

Bahasa inggris itu keren, benarkan ? Jujur saja ketika saya melihat orang – orang yang sangat lancar dalam berbicara Bahasa inggris benar – benar membuat saya terpana, bukan karena orangnya namun karena kemampuannya dalam berbicara Bahasa inggris. Saya terpana karena sejak dulu saya benar – benar ingin bisa berbahasa inggris dan menguasainya. That’s one of the most coolest thing that I ever see in my life. Melihat seseorang yang bukan native tetapi bisa atau bahkan pintar berbahasa inggris benar – benar yang membua saya tidak pernah bosan untuk melihat dan mendengarnya.

Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Internasional


Bahasa Inggris sebagai salah satu Bahasa Internasional jelas – jelas  saat ini sudah seperti keharusan untuk bisa mempelajarinya.  Sadar tidak sadar, sejak dulu hingga sekarang kita sudah terpapar dengan Bahasa inggris sejak kecil. Sejak bangku sekolah dasar (SD) hingga bangku kuliah kita akan terus bertemu dengan pelajaran Bahasa inggris, benar – benar dapat dilihat bahwa Bahasa inggris memang mau tidak mau adalah sebuah keharusan ketika kita berada di dunia professional atau dunia pekerjaan nantinya. Percayalah, jika anda ingin menjadi seseorang yang hebat maka belajar dan menguasai Bahasa inggris adalah sebuah keharusan.

Cita – Cita Studi dan Hidup di Luar Negeri



Cita – cita atau keinginan saya sejak kecil adalah saya bisa studi dan hidup di luar negeri, merasakan indahnya bisa tinggal disana untuk waktu yang cukup lama. Saya sejak dulu sampai sekarang masih terus membayangkan bagaimana rasanya bisa hidup disana selama kurun waktu tertentu. Keinginan saya untuk bisa studi di luar negeri adalah sebuah keinginan seumur hidup namun ada satu hal yang harus di pahami. Untuk dapat menggapai impian tersebut, ada salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu saya harus bisa dan menguasai Bahasa inggris.

Susahnya untuk bisa Menguasai Bahasa Inggris



Saya benar – benar ingin pintar berbahasa inggris, namun sejak dulu saya tidak bisa ber Bahasa inggris dengan baik, apalagi pada bagian menulis (writing) dan berbicara (speaking) dalam Bahasa inggris. Secara dasar kemampuan Bahasa inggris kita itu dibagi menjadi empat yaitu Mendengarkan (Listening), Membaca (Reading), Menulis (Writing) dan Berbicara (Speaking). Untuk dapat dikatakan bisa berbahasa inggris, seseorang haruslah mampu menguasai semua bagian tersebut. Saya sendiri sampai saat ini memiliki kesusahan dengan bagian Writing dan Speaking.

1. Kemampuan Listening dan Reading


Untuk kemampuan Listening, Saya sejak dulu terus melatih kemampuan Listening saya dengan mendengarkan music atau radio berbahasa inggris, melihat dan mendengarkan serial tv/acara/film yang berbahasa inggris. Sebagai anak yang memang kegiatan menonton tv dan bermain komputer adalah kesehariannya sejak dulu, maka paparan Bahasa inggris untuk bisa melatih Listening saya terus berkembang.

Kemampuan Reading saya asah dan saya latih dengan meningkatkan kegemaran saya membaca buku/novel/majalah/artikel/jurnal berbahasa inggris. Sejak kecil saya sudah menyukai membaca novel atau komik berbahasa inggris ketimbang Indonesia, karena seperti yang sudah saya katakana sebelumnya saya ingin benar – benar bisa menguasai Bahasa inggris dan ingin studi di luar negeri. Sampai sekarang saya tetap terus membaca dalam Bahasa inggris, saya lebih prefer untuk membaca sebuah buku/novel/majalah/artikel/jurnal yang berbahasa inggris.


2. Masalah pada Kemampuan Writing dan Speaking


Sekarang masalah yang saya hadapi adalah masalah pada kemampuan Writing dan Speaking saya. Saya masih sulit untuk bisa meningkatkan kemampuan Writing saya karena memang kemampuan saya dibidang menulis masih sangat terbatas dan saya belum rajin dalam mengasah kemampuan menulis saya. Saya memang sejak dulu sudah suka menulis namun itu menulis bebas, ketika dihadapkan pada menulis dengan cara penulisan yang terstruktur dan formal, otak saya langsung kepanasan dan akhirnya membuat saya menyerah atau putus asa dalam meningkatkan kemampuan writing saya.

Masalah kedua dalam writing adalah masalah Grammar, saya suka Bahasa inggris namun tidak Teori atau Grammar, pelajaran itu sangatlah membosankan. Saya memang benar – benar mudah untuk menjadi bosan pada pelajaran (yang memang membosankan) bersifat teoritis dan menghafal. Belajar sebentar saja sudah membuat saya mengantuk. Sejak dulu mungkin saya tidak benar – benar serius dalam mempelajari grammar. Terdapat satu ungkapan yang sejak saat itu menggugah saya yaitu “Jika kita memang ingin pintah berbahasa inggris maka mempelajari menguasai tata Bahasa inggris/Grammar adalah sebuah keharusan dan hal yang mutlak”. Sejak saat itu saya mulai sampai sekarang saya mulai intensif untuk mempelajari grammar agar bisa saya pahami dan kuasai.

Masalah Vocabulary bukanlah sebuah masalah untuk saya karena saya sejak dulu adalah seorang pemain Scrabble. Tentu saja untuk bisa memenangkan pertandingan saya harus bisa menghafal banyak kosa kata beserta artinya agar bisa memenangi pertandingan yang diikuti. Saya sudah bermain scrabble sejak dulu dan sudah banyak kosa kata – kosa kata dasar yang sudah saya tahu dan mengerti artinya dan yang harus saya kuasai selanjutnya adalah masalah Grammar.

Untuk dapat melatih kemampuan menulis saya baik dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa inggris, saya memutuskan untuk menjadi seorang blogger dan aktif dan rutin menulis sebagai seorang blogger. Saya menganggap menjadi seorang blogger akan terus memotivasi saya untuk terus menulis dan melatih kemampuan saya dalam writing dan semoga saya bisa menjadi lebih baik dalam menulis di masa depan. Menjadi seorang Blogger membantu dan menuntut saya untuk terus menulis secara rutin, disiplin dan konsisten oleh karena itu saya mengganggap keputusan saya menjadi seorang Blogger adalah keputusan yang tepat.

Untuk kemampuan speaking, saya sejak dulu adalah orang – orang yang minder dan kurang percaya diri ketika berbicara di depan. Rasanya ketika saya berbicara di depan umum atau khalayak ramai maka rasa grogi saya akan memuncak dan membuat saya ketakutan untuk bertanya atau berbuat kesalahan sehingga saya tidak berani berbicara di depan. Masalah ini adalah masalah yang benar – benar saya ingin hilangkan hingga saat ini namun masih belum bisa menghilangkannya.
Sampai saaat ini saya masih mencoba untuk membuat saya lebih berani dan berani mengambil risiko, saya harus bisa berbicara di depan public atau khalayak ramai tanpa rasa grogi atau takut salah. Sejak awal kuliah saya mulai memberanikan diri saya untuk bisa melakukan presentasi, bertanya ketika presentasi, berdiskusi di forum, bertanya di seminar dan pelatihan. Semua hal tersebut saya lakukan untuk bisa mengatasi rasa grogi saya dalam berbicara.

Cara lainnya untuk saya bisa mengasah kemampuan berbicara (speaking) baik dalam Bahasa Indonesia ataupun inggir adalah saya memutuskan untuk ingin menjadi seorang Youtuber dan membuat personal vlog channel saya sendiri di Youtube. Saat ini saya sedang mempersiapkan semuanya dan semoga saja bulan ini saya bisa memulainya.

Menguasai Bahasa Inggris Memang Susah



Menguasai Bahasa inggris memang susah, kecuali anda memang merupakan seorang native atau lahir atau tinggal di luar negeri yang menggunakan Bahasa inggris, maka jangan berharap anda bisa ber Bahasa inggris dengan mudah. Terdapat banyak rintangan, tantangan, dan masalah yang menghadang jika kita benar – benar ingin menguasai Bahasa inggris. Tidak ad acara mudah atau jalan pintas untuk bisa berbahasa inggris. Jika kita ingin menguasai suatu kemampuan maka kerja keras, ketekunan, dan kesungguhan kita akan sangat menentukan apakah kita bisa menguasai kemampuan tersebut atau tidak. Latihlah diri anda untuk bisa melakukan sesuatu dengan kesungguhan dan keseriusan maka anda akan bisa menguasai banyak kemampuan di masa depan. 

Saya harus berjuang keras karena menguasai Bahasa inggris adalah syarat yang harus bisa saya penuhi jika saya benar – benar ingin studi dan hidup di luar negeri. Saya akan berjuang keras dan tidak akan menyerah sampai saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan sejak dulu. Gampang berbahasa inggris itu kalau kita berlatih secara rutin dan konsisten setiap hari maka berbahasa inggris akan menjadi lebih gampang.


Sekian untuk artikel kali ini, jika ada pertanyaan, kritik ataupun saran bisa anda kirimkan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page Dee Nutrition’s Blog untuk mendapatkan informasi – informasi terbaru dari blog ini. Sekian dan terimakasih.

Author of Dee Nutrition’s Blog

Destio D. Fahrizki

Share:
Location Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

Labels