Perjalanan Blogging Saya Belum Selesai ~ Dee Nutrition

Thursday, February 16, 2017

Perjalanan Blogging Saya Belum Selesai

dee nutrition blogging


Sudah lebih dari  6 (enam) bulan sejak saya kembali memulai blogging lagi. Saya memutuskan menjadi Blogger untuk beberapa alasan dan target, yang mana saya mulai capai satu per satu hingga saat ini. Banyak hal yang melatarbelakangi saya menjadi Blogger lagi, namun ada beberapa alasan besar kenapa saya memutuskan untuk kembali menjaid penulis blog. Dibawah ini, adalah 3 (tiga) alasan utama kenapa saya memutuskan untuk menjadi seorang Blogger lagi.

SAYA INGIN MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SAYA

Mungkin ini alasan paling kuat saya kenapa saya memutuskan untuk aktif blogging lagi. Saya ingin meningkatkan kemampuan menulis saya. Hal ini dilatarbelakangi oleh kesadaran saya akan kemampuan menulis saya ketika saya selesai kuliah dan merampungkan penelitian dan karya tulis ilmiah (skripsi) saya. Saya merasakan bahwa saya masih benar – benar bodoh dalam hal menulis. Apalagi dalam kemampuan menulis akademik, saya masih cukup payah dan kewalahan untuk bisa menyelesaikan karya tulis ilmiah saya. Hasilnya? Ya Karya tulis ilmiah saya untuk tugas akhir kuliah saya agar bisa lulus selesai, namun menyisakan stress berat dan ‘sadar’ bahwa kemampuan menulis saya masih jauh dari kata sempurna.

Jika saya benar – benar ingin menggapai cita – cita saya menjadi seorang Dosen/Pengajar yang hebat di masa depan nanti, maka saya harus mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis saya. Oleh karena itu saya memutuskan untuk aktif kembali menjadi seorang Blogger. Saya menjadi blogger lagi untuk terus melatih kemampuan menulis saya. Di blog ini, Dee Nutrition’s Blog, saya akan terus mengasah kemampuan menulis saya agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

SAYA INGIN MENGEMBANGKAN USAHA & BRAND SENDIRI
Ketika tahun pertama di semester kedua saya kuliah, saya menyadari sesuatu. Saya ingin memiliki usaha dan ‘brand’ saya sendiri. Mimpi yang besar? Tentu saja, mengembangkan dan melahirkan sebuah personal Brand itu memang tidak mudah. Banyak hal yang perlu saya persiapkan untuk bisa menciptakan brand saya sendiri. ketika saya sadar akan hal itu hal pertama yang saya lakukan adalah membuat Avatar dan Brand yang sesuai dengan bidang dan kemampuan saya. Beberapa bulan saya mempersiapkannya, akhirnya lahirlah brand Dee Nutrition, sebuah brand yang nama awalnya berasal dari  2 huruf depan nama asli saya. Tujuan awal? Tujuan awal saya adalah sedikit demi sedikit membuat basis brand saya. Pertama membuat nama brand yang unik dan cukup eye catching¸kedua membuat avatar brand agar orang – orang lebih tertarik, ketiga membuat blog/web dan social media untuk bisa memperkenalkan dan memperluas jangkauan brand saya.

Semua target sudah saya lakukan dan selesaikan di tahun kedua saya kuliah, namun karena kendala saya dalam mengatur waktu akhirnya, projek memperkenalkan brand saya ‘mandek’. Bagaimana tidak, tahun ketiga dan keempat adalah tahun – tahun yang (menurut saya) sangat sulit, Jam kuliah yang semakin meningkat, organisasi, kepanitiaan, tugas semakin meumpuk, studi lapangan, praktikum laboratorium serta laporannya, persiapan penelitian dan tugas akhir/skripsi. Semua itu membuat saya akhirnya harus ‘berhenti sejenak’ dalam mengembangkan brand Dee Nutrition.

SAYA INGIN SERIUS MENJADI BLOGGER DAN MEMILIKI PENGHASILAN

Ketika kita lulus kuliah, pasti ada hal selanjutnya yang harus kita lakukan bukan? Mendapatkan pekerjaan atau melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai seorang Fresh Graduate pasti itu ada dipikirannya, apalagi orang – orang disekitar pasti akan menanyakan juga apa yang kita lakukan selanjutnya setelah lulus ini. Saya sendiri karena cita – cita saya adalah menjadi seorang Pengajar/Dosen saya sudah merencanakan untuk melanjutkan kuliah. Berarti saya tidak bekerja dan menganggur dong? Bisa dikatakan tidak, saya masih mengikuti beberapa pekerjaan ‘sementara’ yang saya lakukan, Saya memang tidak memiliki main job, namun saya sudah banyak melakukan part time job dari kuliah dulu.

Saya memutuskan untuk menjadi Blogger, selain dua alasan diatas adalah saya ingin bisa memonetisasi blog saya dan dapat menghasilkan uang dari blog yang saya miliki. Ketika dulu, saya sudah mengenal yang namanya Google AdSense, sebuah layanan iklan web yang dikelola Google. Jika kita (blog kita) diterima oleh AdSense, maka kita bisa mendapatkan pundi – pundi dari iklan yang kita sematkan di blog yang kita miliki (dan daftarkan tadi). Inilah alasan lain kenapa saya ingin aktif Blogger lagi, saya ingin menghasilkan uang dari blog saya dan menjadikan kegiatan menulis blog sebagai part time job saya selanjutnya, dan mungkin seterusnya.

PENCAPAIAN TARGET SELAMA 6 BULAN MENJADI BLOGGER

Ketika saya memutuskan untuk menjadi blogger, tentu saja ada target – target yang harus saya capai, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dibawah ini adalah target – target saya dalam Blogging

Posting Artikel Secara Konsisten Setiap Harinya

Untuk terus melatih kemampuan menulis saya sekaligus meningkatkan jumlah pengunjung harian blog saya, maka salah satu cara terbaik yaitu merilis artikel di blog setiap harinya. Hal ini akan membuat saya akan terus melatih kemampuan menulis saya setiap hari, bagaimana saya harus membuat sebuah artikel yang baik dalam waktu satu hari. Kualitas blog salah satunya ditentukan dari jumlah posting artikelyang ada di blog tersebut, semakin banyak maka semakin bagus. Tentunya kuantitas jumlah posting juga harus dibarengi dengan Kualitas artikel yang baik pula. Selama sekitar 3 bulan saya terus menulis artikel setiap harinya, membaca referensi – referensi supaya artikel yang saya buat tetap berkualitas.

Membuat Target Menulis Artikel dalam Sebulan

Ketika saya selesai dalam mempersiapkan dan menyelesaikan template blog saya, kemudian hal lain yang saya lakukan adalah mentargetkan berapa banyak artikel minimal yang harus saya buat dalam satu bulan. Saya mentargetkan minimal 20 artikel yang saya rilis selama 3 bulan (September – November). Hasilnya? 3 (Tiga) bulan tersebut saya berhasil membuat cukup banyak artikel dan melebihi target saya. Dikarenakan saya juga saat itu mentargetkan untuk bisa diterima Google Adsense, saya pun akhirnya berusaha untuk konsisten menulis artikel setiap hari dan mencapai target bulanan saya.

Memiliki Jadwal Blog yang Teratur

Sekarang ini, saya sudah mulai membuat jadwal teratur dan tema mingguan untuk blog saya. Saya memutuskan untuk merilis 5 artikel dalam seminggu, dengan sabtu dan minggu adalah hari libur untuk saya sekalian menyiapkan tema artikel untuk minggu depan. Hal ini lebih memudahkan saya karena dengan adanya tema mingguan, akan membuat saya fokus untuk mencari referensi dan membuat artikel dengan tema yang sama dan (mungkin) berkesinambungan. Ini tentunya lebih banyak menghemat waktu saya dalam membuat artikel karena pencarian/riset karena saya tak harus membaca banyak tema tulisan dalam satu minggu. Anda tidak percaya? Coba saja lakukan, maka anda akan merasakan manfaatnya ketika anda menulis blog. Hal lain yang harus diingat juga adalah jangan lupa untuk memasukkan hari ‘libur’ dalam menulis artikel. Adanya hari libur untuk membuat artikel akan ‘mengistirahatkan’ otak kita sehingga otak kita tidak jenuh dalam menulis.

Meningkatkan Kemampuan Menulis dengan terus Membuat Artikel

Mungkin ini yang mulai saya rasakan sekarang. Meningkatkan kemampuan menulis saya adalah factor utama kenapa saya aktif blogging lagi. Saat ini mungkin saya sudah bisa merasakan manfaat dari menulis dan membuat artikel blog saya. Dulu, ketika saya ingin membuat artikel, pasti banyak ‘mandek’ atau stuck karena satu dan lain hal. Biasanya yang membuat saya mandek adalah bingung dalam membuat awalan dan akhiran artikel, bingung dalam menentukan kosakata pada artikel, bingung membuat kalimat penyambung dari paragraph sebelum ke selanjutnya, terkadang sering OOT karena membuat banyak artikel dalam sehari dengan tema yang berbeda.
Sekarang, setelah 6 bulan saya mulai bisa merasakan bahwa kemampuan menulis saya mulai meingkat dan lebih baik dari sebelumnya. Sekarang untuk membuat artikel dengan jumlah kata diatas 500 kata tidaklah sulit jika dibandingkan dulu ketika awal – awal menulis. Ketika dulu saya memulai blogging, saya hanya mampu dalam membuat artikel dengan standar 300 kata per artikel. Berdasarkan blog – blog lain yang saya baca, jumlah kata tersebut terlalu kecil dan harus ditingkatkan lagi agar semakin menantang dan melatih kemampuan menulis saya. Kemudian sedikit demi sedikit saya mulai meningkatkan jumlah minimal kata dalam artikel yang saya buat. Saya kemudian mulai meningkatkan jumlah kata minimal dari 500, 600, 1000, 1200, 1500 dan 2000. Saat ini, rentang minimal saya dalam membuat artikel adalah sekitar 500 kata, namun saya bisa dengan mudah membuat artikel dengan jumlah diatas 500 – 1500, untuk artikel diatas 2000 kata biasanya jarang dan akan saya potong menjadi beberapa part artikel.

Kemampuan Manajerial Blog Saya Semakin Baik

Kemampuan manajemen blog saya juga menjadi lebih baik dan semakin memudahkan saya dalam menulis. Saya mulai teratur dan terjadwal dalam menulis artikel, dan sekarang saya mulai menerapkan peraturan satu tema per minggu untuk membuat fokus dan mudah dalam menulis artikel.

Memonetisasi Blog, dan Diterima oleh Google Adsense

Bisa menghasilkan uang dari kegiatan yang kita lakukan dan senangi adalah salahsatu ‘kebahagiaan yang haqiqi’. Bagaimana tidak? Kita melakukan sebuah pekerjaan/kegiatan yang memang kita suka dan ditambah bisa menghasilkan uang dari itu, tentu saja sangat menyenangkan dan itulah yang saat ini ingin saya capai. Ketika saya memutuskan untuk menjadi blogger lagi, saya pun akhirnya juga memutuskan untuk bisa diterima Google AdSense, sebuah layanan iklan dari Google yang intinya jika kita diterima maka kita bisa menayangkan iklan di blog kita dan kita bisa dibayar. Menjadi Blogger/penulis blog tidaklah mudah, jujur dibutuhkan semangat yang tinggi untuk tetap terus menulis artikel dan mem-posting­-nya di blog setiap harinya.

Jika menjadi blogger tidak mudah, tunggu sampai anda berusaha untuk diterima Google Adsense, jauh lebih sulit. Selama 6 bulan saya blogging, sudah 10 kali saya mendaftarkan blog saya agar diterima oleh Google Adsense. Hasilnya? Saya mengalami 9 kali tolakan, menyakitkan bukan? Tentu saja sakit, dan lelah, dan terkadang merasa putus asa karena terus ditolak, namun saya terus tetap berpegang teguh untuk terus meningkatkan kualitas blog saya agar dapat diterima Google Adsense. Akhirnya? saya di terima oleh Google Adsense pada minggu terakhir dibulan januari 2018, sebuah pencapaian yang saya tunggu tunggu sejak saya memulai menjadi penulis blog di pertengahan 2017. Akhirnya semua yang saya lakukan untuk dapat diterima oleh Google Adsense tidak sia – sia.

Also Read
Fakta Tentang Blog Saya Dee Nutrition’s Blog yang Diterima Google Adsense

PERJALANAN BLOGGING SAYA MASIH TERUS BERLANJUT


Setelah saya diterima oleh Google Adsense, secara resmi berarti saya bisa memonetisasi blog saya. Ini bukanlah sebuah akhir dari perjalanan saya dan saya akan terus meningkatkan blog saya agar blog saya semakin ramai dan menarik pengunjung untuk datang ke blog saya dan membaca tulisan – tulisan saya. Masih terdapat banyak tantangan yang harus saya lewati, masih banyak target yang harus saya capai. Saya harus tetap semangat dalam kegiatan Blogging dan meningkatkan kualitas artikel blog dan kemampuan menulis saya agar menjadi lebih baik lagi. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita berusaha dengan keras dan tidak menyerah. Doa, Semangat, Kerja Keras dan Kesungguhan adalah sesuatu yang harus kita pegang agar saya bisa sukses dalam berkarir menjadi seorang Blogger. Semoga saja, doakan saya.




Sekian untuk artikel kali ini, Jika ada komentar, sanggahan, kritik, ataupun saran, silahkan kirimkan melalui boks komentar yang ada dibawah. Jangan lupa subscribe melalui email dan like fans page kami. Jika artikel ini membantu, share artikel ini ke sosial media kalian dengan cara mengklik ikon social media yang ada dibawah untuk membantu blog ini Sekian dan Terimakasih


Author of Dee Nutrition's Blog

Destio D. Fahrizki
Share:
Location Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

Labels