Fakta Tentang Blog Saya Dee Nutrition’s Blog yang Diterima Google Adsense ~ Dee Nutrition

Tuesday, February 14, 2017

Fakta Tentang Blog Saya Dee Nutrition’s Blog yang Diterima Google Adsense


Sebagai blogger pasti punya keinginan untuk bisa diterima oleh Google Adsense. Alasannya? Sudah pasti agar bisa menghasilkan pemasukan dari kegiatan menulis di blog kita, inilah salah satu alasan utama saya. Alasan saya yang lain adalah saya ingin terus melatih dan meningkatkan kemampuan menulis saya karena ketika saya berhasil menyelesaikan artikel penelitian saya untuk bisa lulus jenjang S1 saya (S1 Ilmu Gizi FK Undip), saya menyadari kemampuan menulis saya masih jauh dari kata baik.

Perjalanan saya agar dapat diterima oleh Google Adsense terbilang sangat sulit dan butuh waktu yang cukup lama. Saya harus mengubah dan melakukan banyak hal di blog saya agar blog saya dapat diterima oleh Google Adsense. Saya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan (kurang lebih), dengan 10 kali pendaftaran dan 9 kali penolakan dari Google Adsense untuk bisa diterima. Berikut dibawah ini adalah beberapa fakta mengenai Blog saya, Dee Nutrition’s Blog, yang diterima oleh Google Adsense.

Pengunjung Harian yang Masih Belum Banyak

Banyak informasi – informasi yang saya terima dari internet kalau mau bisa diterima oleh Google Adsense itu harus memiliki jumlah pengunjung harian yang tinggi. Bahkan di situs Google Adsensenya juga ditulis (kalau tidak salah ingat) jika blog anda memiliki jumlah pengunjung harian ±300.000 orang setiap harinya, maka anda bisa langsung diterima oleh Google Adsense. Angka yang fantastis bukan? Logikanya memang tentu saja Google Adsense akan menerima blog dengan jumlah pengunjung harian yang tinggi karena semakin tinggi jumlah pengunjung, berarti semakin tinggi juga jumlah orang yang melihat iklan-iklan Google Adsense, dan semakin besar juga tingkat keuntungan yang didapat oleh Google Adsense (dan pemilik blog). Walaupun begitu, apakah blog dengan jumlah pengunjung yang ‘biasa saja’ tidak akan diterima oleh Google Adsense? Tunggu dulu¸ karena itu belum tentu.

Memang pengunjung yang banyak merupakan salah satu factor untuk bisa diterima Google Adsense, tapi itu bukan factor yang menentukan semuanya. Ada factor – factor lain seperti niche/keunikan blog, serta kualitas dari blog dan artikel blog itu sendiri, jadi bukan berarti blog – blog dengan jumlah pengunjung yang belum banyak tidak akan diterima oleh Google Adsense. Saya sendiri memiliki jumlah pengunjung harian yang tidak pasti, jika saya sedang semangat – semangatnya dalam sharing artikel blog di social media saya bisa mendapatkan jumlah pengunjung blog sekitar 500 – 1000 pengunjung per hari, namun jika normalnya jumlah pengunjung harian saya berkisar 200 – 400 orang per hari, sangat jauh dari angka 300.000 pengunjung bukan? Namun ada satu hal yang perlu diketahui, menurut saya (dan lagi info- info yang saya baca), semakin tinggi jumlah pengunjung di blog kita akan semakin meningkatkan Blog kita terindex di Google, dan semakin cepat Google Adsense ‘sadar’ akan blog kita. Jadi rajin – rajinlah juga untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog anda setiap harinya.
Berkali – Kali Ditolak Google Adsense

Tadi diawal, sudah saya jelaskan kalau saya di TOLAK oleh Google Adsense. Tidak hanya satu kali tolakan, namun 9 (Sembilan) kali tolakan saya peroleh ketika saya mencoba untuk mendaftar Google Adsense. Sakit hati? Tentu saja, Melelahkan? Pasti, Pernah Mau Menyerah? Pernah. Proses saya untuk bisa diterima Google Adsense itu sangat menyita waktu, tenaga, dan pikiran (terlalu hiperbola tapi saya serius). Saya pernah hampir ‘menyerah sebentar’ ketika penolakan ke 8. Saya mendiamkan blog saya selama 1 mingguan lalu mencoba memperbaikinya lagi, dan daftar lagi ke Google Adsense. Hasilnya? Saya ditolak yang kesembilan namun ternyata masalah yang membuat blog saya tidak diterima Google Adsense berkurang yang tadinya ada 3 masalah, sekarang tinggal 1 yaitu tentang Navigasi Situs. Dari situ, saya akhirnya semangat lagi dan mengubah template serta widget blog saya agar masalah yang ‘terakhir’ ini bisa saya selesaikan dan saya bisa diterima oleh Google Adsense. Semua berujung manis ketika saya mendaftar untuk ke-10 kalinya, Saya Akhirnya DITERIMA oleh Google Adsense. Jadi Jangan menyerah ya… Pasti Jika kita berjuang keras dan bersungguh – sungguh, suatu saat kita bisa diterima oleh Google Adsense… AYO SEMANGAT




Email di Blokir dan Akun Ganda

Ok, jadi ini masalahnya karena akun gmail saya pernah bermasalah dengan Google Adsense. Dulu saya pernah membuat sebuah situs dengan konten yang melanggar ketentuan Google Adsense akhirnya saya tidak diterima, namun waktu itu saya menganggap akun saya itu tidak bisa dipakai lagi untuk daftar Google Adsense. Ada satu hal yang saya pelajari dari sini yaitu, Bacalah Semua Ketentuan dan Peraturan Google, Blogger dan Google Adsense, agar bisa kita tahu dan paham dan tidak melanggarnya karena bisa berakibat fatal. Kesalahan fatal yang saya lakukan waktu itu adalah saya membuat akun ganda (ini melanggar ketentuan Google Adsense). Jadi karena saya kira akun lama saya sudah tidak aktif, saya membuat akun gmail yang baru, nah ketika saya mendaftarkan diri di Google Adsense tentu saja data yang saya masukkan adalah data/informasi pribadi saya yang asli. Sialnya, ternyata akun lama saya juga memiliki data pribadi saya yang asli.

Hal ini mengakibatkan kedua akun saya di block dan ditolak dan tidak bisa mendaftar Google Adsense. Kejadian tersebut mengakibatkan saya mempelajari banyak hal dan membaca peraturan Google Adsense lagi. Saya menutup kedua akun saya dan membuat lagi yang baru dan mendaftar dengan akun baru tersebut. Alhamdulillah, akhirnya saya diterima. Untuk kalian yang membaca ini dan juga sedang mendaftar Google Adsense, Jangan lakukan hal yang saya lakukan ya, karena itu bodoh dan teledor.

Membeli TLD (Top Level Domain) untuk bisa Diterima Google Adsense

Tadinya, blog saya ini masih berbasis Hosted Account. Sederhananya blog dengan Hosted-Account itu berarti alamat blog nya ada ‘embel – embel’blogspot.com atau wordpress.com. Saya sebenarnya sudah lama menjadi Blogger, namun baru setelah saya lulus kuliah saya mulai serius lagi. Untuk menambah keseriusan saya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli TLD (Top Level Domain) dotcom(.com) pada bulan September 2017. Saya memutuskan beli karena waktu itu sedang ada promo pembelian domain dotcom(.com) hanya membayar Rp. 59000. Saya akhirnya membelinya, jika kalian juga ingin membeli domain TLD silahkan klik link ini.  Dengan kita beli TLD maka blog kita menjadi Non-Hosted Account dan tidak ada ‘embel-embel’ blogspot atau wordpress nya lagi.  Jadi yang tadinya alamat blog saya deenutritions.blogspot.com menjadi deenutritions.com. Ada beberapa kelebihan dari penggunaan domain TLD salah satunya adalah membuat blog kita terlihat lebih professional dan terpercaya.

Jumlah Artikel yang Banyak, namun tidak spesifik

Jadi saya pernah membuat sebuah target yaitu membuat sebanyak mungkin artikel di blog saya. Katanya blog kita untuk bisa didaftarkan ke Google Adsense harus memiliki banyak artikel blog yang spesifik, sesuai niche/tema, dan berkualitas. Target yang saya kejar adalah saya bisa mencapai 100 artikel di akhir tahun 2017. Target saya tercapai, namun ternyata malah membuat masalah. Jadi saya membuat banyak artikel namun masih kurang spesifik, dan masih ada (yang menurut) saya belum berkualitas isi artikelnya. Selain itu saya juga menyadari kalau artikel – artikel yang saya buat keluar dari niche/tema saya tentang Gizi dan Kesehatan. Jadi karena itu yang tadinya artikel saya ada lebih dari 100, akhirnya artikel yang menurut saya masih keluar dari niche saya dan kurang berkualitas saya hapus dari blog saya dan kemudian saya mendaftarkan lagi blog saya di Google Adsense.
Nah itu dia beberapa fakta tentang tentang Blog saya, Dee Nutrition’s Blog yang dalam perjalanannya bisa diterima oleh Google Adsense. Banyak pelajaran yang saya dapatkan, banyak waktu, tenaga (dan kuota internet) yang saya keluarkan untuk bisa diterima Google Adsense dan menjadi mengiklankan iklan di blog saya dan memonetisasi blog saya. Untuk kalian yang juga atau sedang dalam proses review menjadi publisher Google Adsense,



Jika ada yang ingin ditanyakan, atau ingin memberikan komentar, kritik ataupun saran, silahkan kirimkan melalui kolom komentar yang ada dibawah. Jika menurut kalian artikel ini membantu, jangan lupa share artikel ini di social media kalian. Sekian dan Terimakasih

Author of Dee Nutrition’s Blog

Destio D. Fahrizki
Share:
Location Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

Labels