8 Jurusan S1 Ilmu Gizi di Indonesia ~ Dee Nutrition

Sunday, December 30, 2018

8 Jurusan S1 Ilmu Gizi di Indonesia

Deenutrition.com - Jurusan S1 Ilmu Gizi di Indonesia

Deenutrition.com - Halo semuanya, selamat datang di Dee Nutrition's Blog. Pada artikel kali ini, Dee akan memberikan list-list dari jurusan S1 Ilmu Gizi yang ada di Indonesia. 


Walaupun Ilmu Gizi belum masih dikatakan 'baru' dan belum setua Ilmu Kedokteran misalnya, sudah terdapat beberapa jurusan Ilmu Gizi di beberapa Universitas Negeri di Indonesia. Mari langsung saja!

1. S1 Ilmu Gizi di Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jurusan S1 Ilmu Gizi di Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah jurusan S1 Gizi pertama yang ada di daftar ini. S1 Gizi UNDIP adalah jurusan dimana author blog Dee Nutrition kuliah dulu. Jurusan S1 Ilmu Gizi UNDIP masih terbilang baru dibandingkan beberapa jurusan S1 Ilmu Gizi di Universitas lain, namun jangan salah, walaupun masih 'terbilang' baru S1 Ilmu Gizi UNDIP tak kalah dengan jurusan gizi di universitas lainnya. S1 Ilmu Gizi UNDIP berada di bawah Fakultas Kedokteran (FK) UNDIP, jadi ada beberapa dosen yang merupakan seorang dokter (baik dokter umum atau dokter spesialis gizi klinik) yang mengajar di S1 Gizi UNDIP. S1 Gizi UNDIP memberikan mata kuliah dari tiga penjurusan yaitu Gizi Klinik, Gizi Institusi/Pangan, dan Gizi Masyarakat.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: gizi.undip.ac.id 

2. S1 Ilmu Gizi di Institut Pertanian Bogor (IPB)

Institut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu universitas yang terkenal di bidang pangannya. IPB mempunyai Jurusan S1 Ilmu Gizi yang berada di bawah Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB. Jurusan S1 Ilmu Gizi IPB juga terkenal lho dan juga merupakan pilihan favorit bagi siswa-siswi di SMA yang tertarik dengan Ilmu Gizi ketika lulus sekolah SMA. Pengajar S1 Ilmu Gizi IPB juga ada yang cukup terkenal lho di masyarakat. Jika anda pernah melihat Iklan En*rgen, maka anda tahu siapa dosen tersebut. :)
Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: gizi.fema.ipb.ac.id

3. S1 Ilmu Gizi di Universitas Indonesia (UI) 

Siapa yang tidak kenal dengan Universitas Indonesia (UI)? Pasti sebagian besar atau bahkan semua orang tahu tentang UI. UI adalah satu tiga besar (saya sering menyebutnya trinitas-nya Universitas di Indonesia)  perguruan tinggi negeri di Indonesia (bersama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gajah Mada. UI sebagai salah satu universitas yang paling tua di Indonesia tentu saja memiliki berbagai macam jurusan, salah satunya Jurusan S1 Ilmu Gizi. Jurusan S1 Ilmu Gizi di UI berada di bawah bendera Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. S1 Ilmu Gizi UI juga pilihan favorit bagi yang tertarik dengan ilmu gizi.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: fkm.ui.ac.id/gizi-s-gz 

4. S1 Ilmu Gizi di Universitas Gajah Mada (UGM) 

Sama seperti Universitas Indonesia (UI), Sebagian besar dari anda atau bahkan kalian semua sudah tahu tentang Universitas Gajah Mada (UGM). UGM dan UI sama-sama tiga besar perguruan tinggi di Indonesia. UGM sebagai salah satu universitas 'tua' juga memiliki jurusan S1 Ilmu Gizi di dalamnya. Jurusan S1 Ilmu Gizi di UGM masuk ke dalam Fakultas Kedokteran (FK) UGM, sama seperti di UNDIP.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: gizikesehatan.ugm.ac.id

5. S1 Ilmu Gizi di Universitas Brawijaya (UB)

Jurusan S1 Ilmu Gizi selanjutnya berada di salah satu universitas terkenal dibelahan timur pulau Jawa, Itu adalah Jurusan S1 Ilmu Gizi di Universitas Brawijaya (UB). Universitas Brawijaya (UB) terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Jurusan S1 Ilmu Gizi di UB berada di bawah Fakultas Kedokteran (FK) UB.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: gizi.fk.ub.ac.id

6. S1 Ilmu Gizi di Universitas Airlangga (UNAIR)

Jurusan S1 Ilmu Gizi selanjutnya berada di Universitas Airlangga (UNAIR). UNAIR merupakan Universitas yang terletak di Jawa Timur dan merupakan 'tetangga' dari Universitas Brawijaya (UB). Namun jika UB terletak di Malang, Jawa Timur, Maka UNAIR terletak di Surabaya, Jawa Timur. Jurusan S1 Ilmu Gizi UNAIR berada di bawah bendera Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: fkm.unair.ac.id/program-s1-ilmu-gizi

7. S1 Ilmu Gizi di Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Jurusan S1 Ilmu Gizi selanjutnya berada di Universitas yang letaknya di luar pulau jawa, tepatnya di Makassar, Sulawesi. S1 Ilmu Gizi ini berada di Universitas Hasannudin (UNHAS), Makassar, Sulawesi. Sama seperti di UNAIR, S1 Ilmu Gizi UNHAS berada di bawah bendera Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNHAS.

Akreditasi Jurusan: A
Link Jurusan: fkm.unhas.ac.id/ilmu-gizi

8. S1 Ilmu Gizi di Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)

Jurusan S1 Ilmu Gizi terakhir yang ada di list ini berada di Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). UNSOED terletak di Purwokerto, Jawa Tengah. Jurusan S1 Ilmu Gizi di UNSOED berada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan UNSOED.

Akreditasi Jurusan: B
Link Jurusan: gizi.unsoed.ac.id


Sekian dulu artikel kali ini, Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tanyakan melalui kolom komentar yang ada di bawah. Sampai jumpa di artikel Dee Nutrition's Blog selanjutnya

Dee Nutrition's Blog

Share:
Location Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

Labels