Ilmu Gizi, Pangan dan Zat Gizi ~ Dee Nutrition

Monday, December 3, 2018

Ilmu Gizi, Pangan dan Zat Gizi

Ilmu Gizi, Pangan dan Zat Gizi


Gizi dan Peranannya Untuk Tubuh Kita

Apa itu Gizi? Apakah pengertian gizi itu sendiri? Seberapa pentingkah peranan gizi bagi kehidupan kita? Mari simak penjelasan mengenai Gizi pada artikel kali ini. Artikel kali ini akan membahas dan mengulas tentang definisi Gizi itu sendiri. Gizi memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan kita, walaupun Sebagian dari kita mungkin tidak sadar, namu jika kita telaah lebih dalam lagi Gizi memiliki peran penting dan besar untuk tubuh kita.

“Disadari atau tidak, gizi memiliki peranan yang penting untuk tubuh kita”

Gizi atau dalam Bahasa inggris berarti Nutrition merupakan segala sesuatu substansi organik yang dibutuhkan oleh tubuh pada proses perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tubuh dan kesehatan seseorang. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gizi adalah zat yang terkandung dalam makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan. Seseorang dikatakan bergizi ketika asupan gizi yang didapatkan dari makanan dan minuman (pangan) yang diasup seseorang mencukupi kebutuhan sehari – harinya, menjaga kesehatannya dan optimalnya pertumbuhan serta perkembangan tubuhnya. Jika sudah mengetahui tentang pengetahuan Gizi itu sendiri, pasti kita akan sadar bahwa gizi memiliki kaitan yang sangat penting dengan pangan yang kita konsumsi setiap hari.

Gizi dan Pangan Saling Berkaitan

Gizi dan pangan saling berkaitan satu sama lain. Pangan sendiri merupakan sebuah produk yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang diasup oleh seseorang untuk memberikan energi dan zat gizi – zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan, perkembangan dan pengaturan tubuh seseorang. Gizi seseorang dapat terpenuhi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Setiap jenis pangan terkadang akan memberikan zat gizi spesifik jika dikonsumsi dan menjadi sumber zat gizi spesifik. Contohnya seperti nasi yang merupakan sumber karbohidrat, atau daging sebagai sumber protein, dan makanan – makanan sebagai sumber zat gizi yang lainnya.

“Pemenuhan Gizi berkaitan dengan pemilihan dan pengonsumsian pangan seseorang”

Pemenuhan gizi pada seseorang erat kaitannya dengan pemilihan dan pengonsumsian pangan seseorang. Jadi tiap orang memiliki presentase pemenuhan gizi yang berbeda – beda. Banyak hal yang dapat mempengaruhi pemilihan dan konsumsi pangan seseorang yang jelas akan pengaruhi asupan gizinya, ini akan mengakibatkan status gizi tiap orang akan berbeda. Ada yang status gizinya normal, kurang ataupun lebih. Kita semua tentunya mengharapkan status gizi yang normal karena berarti asupan gizi yang kita peroleh dari pangan yang kita konsumsi mencukupi kebutuhan gizi harian kita, namun tidak dapat disembunyikan fakta pula bahwa terdapat seseorang yang memiliki status gizi yang kurang akibat kurangnya asupan gizi dan pangan dan ada yang berlebih.

Jadi Gizi itu Sangat Penting

Bagaimana? Sudah jelas dari pembahasan diatas bahwa gizi itu sangatlah penting untuk seseorang karena berhubungan dengan proses pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan dan kesehatan tubuh seseorang. Tanpa gizi dan asupan pangan yang mencukupi kebutuhan maka berbagai proses tersebut akan mengalami kendala dan dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, ayo cukupi kebutuhan gizimu setiap hari dengan konsumsi pangan yang beragam dan mencukupi setiap harinya.



Makanan itu Penting Lho Bagi Tubuh



Anda suka makan bukan? Jika jawabannya tidak, maka anda akan berisiko terkena malnutrisi atau masalah gizi. Makanan itu penting bagi tubuh kita. Kenapa makanan sangat penting? Mari kita bahas pada artikel kali ini.

Definisi Pangan

Sebelum kita mulai membahas tentang makanan, alangkah baiknya kita mengetahui tentang definisi pangan. Pangan adalah suatu produk yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang diasup oleh seseorang untuk memberikan energi dan zat gizi – zat gizi yang diperlukan oleh tubuh untuk proses pertumbuhan, perkembangan dan pengaturan tubuh seseorang. Gizi seseorang dapat terpenuhi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Setiap jenis pangan terkadang akan memberikan zat gizi spesifik jika dikonsumsi dan menjadi sumber zat gizi spesifik. Bedangnya pangan dan makanan adalah pangan dapat berarti makanan atau minuman, sedangkan makanan (ya makanan) adalah suatu produk padat yang kita konsumsi.

Makanan sebagai Sumber Zat Gizi

Pasti kita semua sudah tahu definisi makanan bukan? Makanan adalah sesuatu yang kita makan.  Merujuk dari kaidah KBBI, dijelaskan bahwa makanan adalah. Sudah jelas bukan? Bahwa makanan itu sangat penting. Makanan (dan juga minuman) yang kita konsumsi setiap hari dibutuhkan oleh tubuh untuk menyokong zat gizi yang diperlukan. Kita semua pasti makan bukan? Setiap hari kita mengonsumsi makanan untuk dapat ber-aktivitas, tumbuh dan berkembang. Kita perlu makanan untuk dapat memenuhi kebutuhan zat gizi kita setiap harinya agar segala proses metabolisme yang terjadi pada tubuh kita berjalan dengan baik dan optimal. Setiap makanan yang kita makan pasti memiliki kandungan zat gizi, makanan juga dibagi menjadi beberapa jenis dan memiliki kandungan zat gizi spesifik yang tinggi dibandingkan jenis makanan lainnya.

Ayo Makan

Bagaimana? Sudah tahu bukan betapa pentingnya makanan bagi tubuh kita? Makanan yang kita makan berfungsi sebagai sumber energi dan zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ayo makan makanan dan minuman secara cukup setiap hari agar kita menjadi lebih sehat dan dapat melakukan aktivitas secara baik dan optimal.

Zat Gizi dan Macam – Macam Jenisnya



Gizi, pangan, dan Ilmu Gizi sudah kita pelajari kemarin. Selanjutnya yang akan dibahas pada artikel sekarang akan lebih spesifik, yaitu mengenai Zat Gizi. Apa pengertian zat gizi? Terdapat Berapa Macam Jenis Zat Gizi? Semuanya akan dibahas pada artikel kali ini. So Let’s Start.

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Zat gizi atau yang juga sering disebut dengan nutrient (Bahasa inggrisnya adalah Nutrient) dapat dikatakan sebagai zat organic yang diperlukan oleh makhluk hidup untuk hidup, tumbuh, dan berkembang. Sederhananya seseorang membutuhkan makanan untuk bisa mencukupi zat-zat gizi yang diperlukan tubuh agar tubuh dapat bekerja, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Zat gizi atau nutrient diperlukan seseorang untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya, sehingga dapat menjaga status gizi serta kesehatan orang tersebut. Zat gizi dapat terpenuhi jika kita mengonsumsi makanan dan minuman secara bervariasi dan juga cukup, tidak lebih maupun kurang. Kekurangan asupan makanan akan menimbulkan kekurangan asupan energi dan zat – zat gizi yang diperlukan dan akan menimbulkan masalah pada status gizi dan kesehatannya, begitu juga dengan kelebihan asupan zat gizi juga tidak baik.

Zat Gizi Terbagi Kedalam Dua Kelompok Besar

“Zat Gizi Dibagi Menjadi Zat Gizi Makro dan Zat Gizi Mikro”

Secara garis besar zat gizi dibagi menjadi 2(dua) kelompok yaitu zat gizi makro (macronutrient) dan zat gizi mikro(micronutrient). Kelompok zat gizi makro terdiri dari Karbohidrat, Protein, Lemak dan Cairan sedangkan kelompok zat gizi mikro terdiri dari vitamin, mineral dan vitamin-like compound (senyawa organic seperti vitamin). Secara sederhana makro artinya besar dan mikro artinya kecil yang dapat diartikan dimana zat gizi makro adalah kelompok zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang besar, lebih besar dibandingkan zat gizi mikro. Sebaliknya zat gizi mikro adalah zat gizi yang diperlukan dalam jumlah yang relatif sedikit, lebih sedikit ketimbang zat – zat gizi makro. Walaupun zat gizi mikro dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, bukan berarti zat gizi makro memiliki peranan yang lebih penting untuk tubuh. Semua zat gizi baik zat gizi makro maupun mikro memiliki peranan spesifik masing – masing yang semuanya penting untuk proses pertumbuhan, perkembangan, pemeliharaan, dan metabolism tubuh seseorang jadi semuanya tanpa terkecuali harus dipenuhi dengan konsumsi berbagai macam makanan yang bervariasi setiap hari.

Fungsi kedua kelompok zat gizi yaitu makro dan mikro juga berbeda. Kelompok Zat gizi makro memiliki peranan penting yang utamanya dalam metabolisme energi, jadi kita perlu mencukupi kebutuhan zat gizi makro agar dapat memberikan energi yang optimal untuk kita dapat beraktivitas. Karena hal ini pula zat gizi makro juga sering disebut dengan zat gizi penghasil energi/sumber energi tubuh karena zat – zat gizi tersebut memberikan energi untuk tubuh kita. Fungsi lain Zat gizi makro adalah untuk proses pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan seseorang, contohnya seperti protein dan lemak sebagai pembentuk jaringan tubuh, protein juga memiliki peranan yang luas dalam hal regulasi tubuh. Karena diperlukan untuk energi, dan proses – proses tadi jumlah yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak, oleh karena itu zat – zat gizi tersebut diperlukan dalam jumlah yang banyak (makanya dikelompokkan kedalam zat gizi makro.

Berbeda dengan zat gizi makro, zat gizi mikro  memiliki peranan yang membantu dalam berbagai proses metabolism tubuh. Zat gizi mikro tidak memberikan energi bagi tubuh kita, namun mereka memfasilitasi dan ikut berpartisipasi dalam berbagai macam aktivitas metabolism di seluruh tubuh. Fungsi lain zat gizi mikro utamanya golongan mineral, memiliki fungsi dalam pembentukan struktur tulang dan gigi. Terdapat zat gizi mikro yang juga mempunyai peranan meregulasikan beberapa aktivitas metabolisme tubuh seperti regulasi ion dan keseimbangan cairan tubuh.

Zat- Zat Gizi Baik Makro maupun Mikro Harus Terpenuhi Semuanya

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai zat gizi, dapat dipastikan bahwa kita semakin tahu mengenai gizi itu sendiri. Untuk dapat memenuhi kebutuhan zat gizi seseorang, maka pemenuhan zat – zat gizi baik zat gizi makro dan mikro haruslah tercukupi dan terpenuhi agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Zat gizi makro dan mikro masing – masing memiliki fungsinya sendiri – sendiri yang memainkan peranan penting pada tubuh kita. Karenanya, mari kita konsumsi makanan dan minuman secara cukup untuk memenuhi kebutuhan zat gizi harian kita untuk bisa tumbuh, berkembang, dan sehat setiap hari.


Sekian untuk artikel gizi kali ini, Jika ada komentar, sanggahan, kritik, ataupun saran, silahkan kirimkan melalui boks komentar yang ada dibawah. Jangan lupa subscribe melalui email atau like fans page kami. Sekian dan Terimakasih

Dee Nutrition's Blog
Share:
Location Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

Labels