Sudah Menulis Sajalah ~ Dee Nutrition

Friday, December 1, 2017

Sudah Menulis Sajalah




Menulis adalah salah satu kegiatan yang saya sukai, saya lebih suka menulis ketimbang berbicara. Saya lebih baik dalam hal menulis sejak dahulu karena saya sangat tidak bisa berbicara dengan jelas dan lancar. Berbicara adalah salah satu kelemahan saya karena saya gampang sekali untuk gerogi di depan umum, apalagi ketika banyak orang memperhatikan saya ketika berbicara, bisa - bisa saya pingsan di depan. Menulis menurut saya lebih mudah ketimbang berbicara di depan umum.

"Menulis itu lebih mudah ketimbang Berbicara"

Saya sejak dulu suka menulis sebuah cerita - cerita fantasi karena saya suka berkhayal. Sebagai anak penyakitan yang di masa kecilnya selalu menonton kartun, membaca komik dan bermain video games maka sudah pasti saya suka berkhayal. Menulis membantu saya dalam berkhayal. Saya selalu menulis apa yang saya fantasikan karena dengan menulis akan memperkuat fantasi saya ketika saya berkhayal.

"Sudah menulis saja, dan terus menulis"

Apakah Anda Suka Menulis?

Apakah anda suka menulis? Mungkin sebagian ada yang suka, sebagian ada yang tidak suka. Bagi kalian yang suka menulis, itu adalah hal yang sangat bagus dan bagi kalian yang tidak suka, itu tidak apa - apa. Mungkin kalian bukannya tidak suka, namun lebih tepatnya belum terbiasa. Kalian harusnya sadar bahwa kalian sudah melakukan kegiatan ini sejak kalian kecil bukan? Sedari kalian di bangku taman kanak - kanak (atau sekarang bahkan di PAUD) kegiatan menulis adalah kegiatan yang tidak dapat terbantahkan, sejak saat itu sampai sekarang pasti kalian terus melakukan kegiatan menulis. Menulis itu sudah seperti kegiatan sehari - hari kita dan tidak bisa dipisahkan dari pekerjaan yang kita lakukan. Suka tidak suka, mau tidak mau, kita harus menulis. 

Anda Tidak Bisa Menulis? 

Anda bilang anda tidak bisa menulis? Anda pasti bercanda, kenapa? karena seperti yang sudah saya bilang tadi, kegiatan menulis itu sudah seperti sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Sudah menulis sajalah, menulislah apa yang ingin anda tulis, janganlah berhenti dan teruslah menulis.

Tulisan kita jelek? biarkan saja, mana mungkin kita bisa menjadi seorang penulis yang hebat dalam beberapa kali melakukan kegiatan menulis. Teruslah menulis, latihlah kemampuan menulis anda, perbaiki  dan terus belajar menulis dan jadilah penulis hebat di masa depan nanti.

Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan Ide ketika ingin menulis ? Ide itu bisa didapatkan dari mana saja, anda diberikan waktu satu hari 24 jam dan itu adalah waktu yang sangat lama. Dalam sehari, kita melakukan banyak hal dan kegiatan baik itu penting maupun hanya untuk sekedar bersenang - senang. Ide untuk menulis dapat muncul dari mana saja, jika anda menyadarinya. saran saya adalah jangan lupa membawa notebook untuk menulis ide - ide yang muncul ketika anda melakukan sesuatu karena terkadang ide itu bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Jika anda merasa notebook terlalu tidak memungkinkan, coba gunakan smartphone anda sebagai notes untuk mencatat ide - ide yang muncul. Setelah anda mendapatkan banyak ide, mulailah untuk menulis dan terus menulis

Jika kita ingin menjadi seorang penulis yang hebat, maka teruslah menulis dan jangan pernah berhenti untuk menulis. Tidak ada seorang penulis yang bakal memiliki kemampuan menulis yang baik jika tidak latihan. Kecuali anda menggunakan ilmu hitam/magic untuk dapat langsung memiliki kemampuan menulis yang sangat baik (kenyataannya tidak mungkin, itu hanya khayalan kita saja), maka berlatih untuk menulis secara disiplin dan konsisten adalah satu - satunya cara untuk bisa menjadi seorang penulis yang baik.

Menjadi Seorang Blogger untuk Terus Menulis

Ini adalah salah satu cara kita untuk bisa terus menulis, dan ini adalah cara yang saya gunakan untuk bisa konsisten dan disiplin dalam menulis. Jika kita sudah berkomitmen untuk menjadi seorang Blogger atau penulis Blog maka untuk dapat memiliki Blog yang ter-establish dan baik adalah konsisten dan disiplin dalam menerbitkan post atau article secara berkala. Menjadi seorang Blogger membuat saya mau tidak mau, suka tidak suka harus terus menulis setiap hari. Saya mencoba untuk bisa terus mengeluarkan artikel apa saja yang saya inginkan di Blog saya. Ini tentunya saya harus memikirkan ide, topik dan judul dari apa yang ingin saya tulis yang kemudian saya harus mulai menulis.

Saya Ingin Menjadi Penulis yang Mahir Menulis

Setelah saya menyelesaikan karya tulis ilmiah saya untuk tugas akhir untuk dapat lulus, saya menyadari satu hal yang krusial dalam diri saya. Saya sangat bodoh dalam hal menulis, apalagi ketika bersinggungan dengan academic writing. Jangan salah sangka, saya sangat mahir dalam urusan menulis tulisan fantasi dan tulisan bebas, namun ketika saya disuguhi atau melakukan kegiatan menulis tulisan akademik ternyata saya mengalami kesusahan. Hal ini karena, dalam menulis tulisan akademik terdapat aturan dan struktur yang harus saya patuhi dan lakukan yang tentunya membuat saya stress (bahkan ketika itu membuat bagian depan rambut saya hampir botak hanya untuk menyelesaikan artikel penelitian saya.) Saya benar - benar stress dan mengalami kebuntuan yang sangat banyak ketika saya membuat dan menyelesaikan artikel penelitian saya. Walaupun saya berhasil menyelesaikannya, saya merasa bahwa artikel saya masihlah jauh dari kata baik.

Setelah saya menyadari akan hal itu, saya beranggapan bahwa jika saya ingin menjadi seorang penulis yang hebat, maka mau tidak mau saya harus belajar menulis dan berlatih secara rutin, disiplin dan konsisten. Saya tidak ingin terus - terusan mengalami kesusahan ketika menulis dan saya harus meningkatkan kemampuan menulis saya. 

Bagi kalian yang suka menulis atau ragu ingin menulis, saran saya: Sudah menulis sajalah, bagus atau jelek hasilnya, tetaplah menulis, lalu terus belajar dalam menulis dan jadilah lebih baik, percayalah semuanya akan indah pada waktunya hanya jika kalian mempercayainya bahwa hal tersebut akan terjadi pada diri kalian di masa depan.

Menulislah, dan terus menulis.

Dee Nutrition's Blog
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Labels